Selasa, 23 Mei 2017

The Dining Philosophers Problem

Video yang saya ulas ini berjudul "[Sistem Operasi] The Dining Phillosophers" diunggah oleh akun youtube EKIPAOL pada tanggal 16 Mei 2015. Video ini berdurasi 7 menit 29 detik mengenai permasalahan yang cukup terkenal pada mata kuliah Operating System yaitu The Dining Philosophers. Video ini dapat diakses melalui link https://www.youtube.com/watch?v=yyUqtz0vsFg

Video ini membahas tentang The Dining Philosophers Problem yaitu masalah sikronisasi pada Operating System. Philosopher diibaratkan sebagai process dan sumpit sebagai resource. Pada video ini dijelaskan secara visual aktifitas philosopher, yaitu berpikir, lapar, dan makan. Pada video ini juga dijelaskan masalah yang mungkin terjadi yaitu starvation dan deadlock.

Video ini juga memberikan solusi mengenai kedua permasalahan tersebut. Starvation diatasi dengan membatasi waktu makan philosophers. Deadlock diatasi dengan menggunakan mutex. Mutex pada video ini divisualisasikan dengan seorang pelayan yang akan memberikan sumpit kepada philosopher yang ingin makan. Jika ada philosopher lain yang ingin makan sedangkan masih ada philosopher yang makan, pelayan akan meminta philosopher tersebut menunggu sampai philosopher yang menggunakan sumpit selesai lalu akan memberikan sumpit kepada philosopher yang ingin makan.

Menurut saya, video ini sangat mudah dipahami. Cara penyampaian tidak terburu-buru dan visualisasi yang diberikan sangat bagus. Akan tetapi, pembukaan pada video ini cukup lama dan tidak terlalu ringkas dalam penyampaiannya.

Github Account: wirabdillah
URL Ulasan: http://wirabdillah.blogspot.com/2017/05/the-dining-philosophers.html
Video Author: EKIPAOL
Pemetaan: week06
Revisi Pertama: 23 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ranking00

----------------------------------------- RANKING00 ULASAN PESERTA OS 2017-1 ----------------------------------------- 001. [W00-046]...